Berita DIKMAS LANTAS

Setiap Jumat, Polantas Bontang Patroli Pakai Sepeda

Korankaltim.com – Ada inovasi baru di Polantas Polres Bontang, dalam menciptakan Kamseltibcar Lantas di Wilayah Kota Bontang. Beberapa anggota sat polantas Polres Bontang kini setiap hari Jumat wajib membawa sepeda. Dan mereka di hari Jumat melaksanakan tugas berpatroli tidak lagi menggunakan kendaraan mobil ataupun sepeda motor.

Pemandangan polisi naik sepeda ini pun, terpantau harian ini, pada Jumat (27/7). Tampak para anggota Polantas menyusuri sepanjang jalan di Kota Taman ini.

Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti, melalui Kasat Lantas Polres Bontang AKP Irawan Setyono mengatakan, kegiatan anggota Polantas Polres Bontang yang berpatroli menggunakan sepeda ini disebut Traffic Police Cycle Club (TPCC).

Dan TPCC ini, lanjutnya,  bertujuan untuk menggelorakan kepada masyarakat agar gemar bersepeda, dalam setiap beraktifitas dan mendukung Gerakan BIKE To Work, dimana merupakan salah satu gerakan moral yang lahir dari keprihatinan akan kemacetan, pemborosan energi dan meningkatnya polusi.

“Saya ingin menggelorakan agar warga Bontang gemar bersepeda. Selain sehat yang diperoleh, manfaat yang bisa diraih adalah jalan tidak lagi macet, selain itu bisa lebih hemat energy dan lebih ekonomis, dan yang utama adalah pencemaran polusi akibat asap kendaraan bermotor pun bisa dikurangi di hari Jumat,” kata Irawan, kepada harian ini, Jumat (27/7).

Lebih lanjut Irawan menambahkan, kegiatan Patroli Bersepeda Polantas Bontang, dijadwalkan setiap hari Jumat. “TPCC ini kami jadwalkan setiap hari Jumat, pada hari tersebut Personil Polantas Bontang, kami wajibkan membawa sepeda dari rumah ke kantor, dan melaksanakan pengaturan dan patroli menggunakan Sepeda,” ujarnya.

Ide brilliant inovasi yang diambil Irawan Setyono juga bertujuan untuk meningkatkan aktifitas berolah raga. “Saya rasa selama satu minggu, sudah cukup kesibukannya bekerja, nah karena itu, khusus Jumat, saya inisiatif melalui media patroli bersepeda dapat terlaksana olahraga sekaligus bekerja,” ujar Irawan.

Jumlah personil yang terlibat setiap kegiatan patroli sepeda ini, dikatakan Irawan, ada sebanyak 30 orang. “Masyarakat komunitas Bersepeda juga dapat ikut bersama-sama Kepolisian berpatroli bersepeda gembira dengan rute patroli yang sudah ditentukan,” katanya.

Harapannya, dengan kegiatan ini yaitu mengajak masyarakat Kota Bontang khususnya yang memiliki aktivitas di wilayah Kota Bontang untuk sementara meninggalkan aktivitasnya menggunakan kendaraan bermotor, dan menggantinya dengan sepeda.

“Mari kita awali pada hari Jumat, dengan meninggalkan penggunaan kendaraan bermotor dan beralih ke sepeda, guna menurunkan pemborosan energi dan tak lupa penggunaan sepeda sangat ramah lingkungan,” pungkasnya.(cil)

https://www.korankaltim.com/kaltimtara/read/18001/setiap-jumat-polantas-bontang-patroli-pakai-sepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *