Berita DIKMAS LANTAS

Waspada Pohon Tumbang saat Cuaca Buruk, Polisi Saran Gunakan Mantel Jenis Ini saat Hujan

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Memasuki musim penghujan disertai angin kencang beberapa hari terakhir membuat sejumlah ruas jalan yang ditumbuhi pepohonan di sisi-sisi jalanan berbahaya bagi pengendara.

Baru-baru ini pohon besar tumbang di jalan RE Martadinata dan jalan S Parman membuat lalu lintas terhambat. Petugas dari PolantasBontang harus membersihkan potongan pohon dan serpihan kayu yang menghalang di badan jalan.

Kasat Lantas Polres Bontang, AKP Irawan Setyono mengimbau agar warga lebih berhati-hati saat berkendara di tengah cuaca buruk.

Khususnya, pengendara yang melintas di jalan Cipto Mangunkusumo (ex jalan Pupuk Raya). Sepanjang jalan ini masih banyak pohon besar tumbuh di sisi kiri dan kanan.

“Sudah banyak kejadian di jalan Cipto Mangunkusumo pohon tumbang, atau ranting-ranting berukuran besar. Pengendara supaya lebih hati-hati apalagi saat cuaca buruk dan angin kencang,” kata Kasat Lantas kepada tribunkaltim.co, Rabu (2/1/2019).

Di samping itu, dia juga mengimbau bagi pengendara roda dua agar tidak menggunakan jas hujan model ponco (lebar) selama berkedara. Jas hujan yang lebar rawan tersangkut di rantai motor.

Pengendara motor diminta menggunakan jas hujan yang dilengkapi dengan celana. Agar lebih aman selama berkendara.

Untuk pengemudi roda empat, supaya memeriksa wiper dan segitiga pengaman jika terjadi masalah saat berkendara.

“Diupayakan untuk lebih mengecek kembali kendaraan, dan juga mantel hujan usahakan yang lengkap dengan baju serta celananya. Kalau bisa hindari jalanan yang rawan pohon tumbang saat hujan,” kata AKP Irawan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *